BNPB bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2023

BPBD Sidoarjo - Sejak tahun 2013 silam, setiap tahunnya BNPB bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam puncak Peringatan Bulan PRB (Pengurangan Risiko Bencana). Pada tahun 2023, BNPB bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2023 pada tanggal 10 – 15 Oktober 2023 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tema yang diusung oleh BNPB pada tahun 2023 ini yaitu "Meningkatkan Koordinasi dan Kualitas Pengurangan Risiko Bencana Menuju Resiliensi Berkelanjutan", dengan tujuan untuk membangun kesadaran bersama melalui dialog dan jejaring dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat di kawasan rawan dan terdampak bencana sehingga dapat meningkatnya kemitraan antar pelau penanggulangan bencana di Indonesia, dan memberikan komitmen bersama antar pemangku kepentingan di Indonesia. Acara tahun ini akan mengusung jargon "Sultra Posanggu Indonesia Mokora" atau "Sultra Tangguh, Indonesia Kuat". 

Kegiatan ini diperkirakan akan diikuti peserta berjumlah lebih dari 4000 orang, yang terdiri dari Kepala Daerah, DPR/DPD/DPRD, Kementrian/ Lembaga, TNI/Polri, SKPD Provinsi dan Kab/Kota (Terutama BPBD), Organisasi Nasional/ Daerah/ Internasional, Forum PRB, Praktisi Kebencanaan, Perguruan Tinggi, Lembaga Usaha, Organisasi Masyarakat, Relawan dan masyarakat.

Berbagai Rangkaian event di gelar dalam Peringatan Bulan PRB di Kendari ini Seperti Lomba-Lomba, Kuliah Umum, Seminarm Simulasi kebencanaan, penanaman pohon, Pameran Kebencanaan, Talkshow, Penyerahan Pataka dalam acara puncak, dan banyak lagi. Semua detail kegiatan ini bisa dilihat dan diakses melalui website BNPB langsung, atau melalui https://bnpb.go.id/bulanprb2023. 

Diharapkan dengan diadakannya Peringatan Bulan PRB ini dengan bersama-sama kita dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana

#BulanPRB2023 
#SultraPosangguIndonesiaMokora 
#SultraTangguhIndonesiaKuat 
#SiapUntukSelamat 
#BudayaSadarBencana

(12/10/2023)